Rabu, 18 Januari 2012

Makanan Berkolesterol Rendah sampai Tinggi


Kali ini penulis menulis tentang kandungan kolesterol dalam makanan kita, yang sangat penting untuk diketahui, kali ini tentang tips kesehatan. Makanan yang banyak mengandung ”Lemak/kolesterol”, identik dengan masalah kegemukan atau yang lebih berbahaya adalah resiko penyempitan pembuluh darah hingga resiko penyakit jantung koroner maupun stroke

Biasanya kaum muda belum terlalu khawatir terhadap kolesterol tinggi. Kekhawatiran baru datang ketika usia sudah merayap paruh baya. kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang penting bagi tubuh. Kolesterol dibutuhkan guna mendukung fungsi sistem organ vital dan metabolisme tubuh. Kolesterol harus dijaga agar kadar lemak baik (HDL) tinggi dan lemak jahat (LDL) rendah supaya tidak divonis mengidap kolesterol tinggi.


Berapa angka batas normal kolesterol:
Pola makan sehat merupakan faktor utama untuk menghindari hal ini. Batas normal kolesterol dalam tubuh adalah 160-200 mg/dl (miligram per desiliter (mg/dL). Tidak semua kolestrol berdampak buruk bagi tubuh. Hanya kolestrol yang termasuk kategori LDL saja yang berakibat buruk.
http://health.kompas.com/read/2011/10/19/17380735/Empat.Syarat.Cegah.Komplikasi.Diabetes

Jumlah total kolesterol dikatakan normal jika di bawah 200 mg/dl dan tinggi jika di atas 239 mg/dl. Jumlah kolesterol LDL (jahat) harus di bawah 150 mg/dl. Jumlah kolesterol HDL (baik) harus di atas 35 mg/dl. Jumlah kadar trigliserida harus di bawah 200 mg/dl. Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah rasio kolesterol LDL dan kolesterol HDL yang kurang dari 3,5.
http://www.resep.web.id/kesehatan/bebas-stroke-dan-serangan-jantung-ikuti-tips-berikut.htm 

Atau silakan buka yang lebih lengkap:

http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/30016/5/Chapter%20I.pdf
Kriteria hasil pengukuran kolesterol darah total adalah :
(1) Diinginkan (<200 mg/dl) diharapkan masih aman
(2) Diwaspadai (>200-239 mg/dl) kadar yang sudah mulai meningkat dan mulai sudah diwaspadai untuk dikendalikan
(3) Berbahaya (≥240 mg/dl) kadar yang tertinggi dan merupakan salah satu kriteria dislipidemia yang menimbulkan suatu kondisi yang disebut dengan aterosklerosis.

Penyebab kolesterol tinggi:

1. Pilihlah makanan yang bervariasi dalam sehari semalam
Dalam menu makanan sehari-hari, kita harus mensiasati agar jangan dalam makan 3x sehari dari pagi-siang dan malam, jangan kita 'terjebak' dengan memilih semua bahan makanan yang berada dalam tabel tinggi kolesterol, karena ini akan sangat cepat membuat kolesterol dalam darah menjadi sangat tinggi.

2. Kurang aktivitas fisik
Jangan terlena duduk atau bersantai terlalu banyak tanpa bergerak. Segera turun dan berjalan-jalanlah. Jangan lupa juga untuk berolahraga minimal 2-3 kali seminggu selama 30 menit per sesi. Olahraga atau aktivitas fisik dipercaya dapat meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan kolesterol jahat.

3. Merokok
Merokok mungkin memengaruhi sistem kardiovaskular dalam berbagai cara, termasuk penurunan kadar oksigen dan memicu proses kerusakan jantung itu sendiri. Beberapa penelitian juga menunjukkan bukti bahwa merokok dapat menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kolesterol jahat. Ini diungkapkan peneliti utama Dr Adam Gepner dari University of Wisconsin School of Medicine and Public Health di Madison, Amerika Serikat, kepada Reuters Health.

4. Umur dan jenis kelamin
Setelah mencapai usia 20, kadar kolesterol Anda mulai bangkit dengan sangat perlahan. Pada laki-laki, umumnya kolesterol tinggi menetap setelah umur 50. Pada perempuan, level kolesterol tetap rendah sampai tiba masa menopause. Setelah itu naik ke sekitar tingkat yang sama seperti pada laki-laki. Perlu dicatat, hal ini berlaku jika kondisi tubuh Anda cukup sehat dan tidak dirusak dengan gaya hidup, lho.

5. Berat badan berlebih

Salah satu tanda paling kentara saat berat badan sudah melambung adalah ukuran lingkar pinggang. Menurut para pakar kesehatan, lingkar pinggang melebihi normal patut diwaspadai karena itu berarti organ-organ penting tubuh sedang terancam bahaya lemak. Ukuran pinggang normal perempuan Asia adalah 80 cm, sedangkan pria 90 cm.

Supaya lebih jelas apa saja pilihan makanan yang sebaiknya dihindari atau disikapi hati-hati, lihat tabel di bawah ini.

Tabel Jumlah Kolestrol pada Makanan
Jenis Makanan
Kolestrol
(mg/10 gr)
Kategori
Jenis makanan yang aman dikonsumsi karena kadar kolestrol yang rendah
Putih telur ayam
0
sehat
Teripang
0
sehat
Susu sapi non fat
0
sehat
Daging ayam / daging bebek pilihan tanpa kulit
50
sehat
Ikan air tawar
55
sehat
Daging sapi / daging babi pilihan tanpa lemak
60
sehat
Daging kelinci
65
sehat
Daging kambing tanpa lemak
70
sehat
Ikan ekor kuning
85
sehat
Jenis makanan yang boleh dikonsumsi sekali-kali
Daging asap (ham / smoke beef)
98
sekali-sekali
Iga sapi
100
sekali-sekali
Iga babi
105
sekali-sekali
Daging sapi
105
sekali-sekali
Burung dara
120
sekali-sekali
Ikan bawal
120
sekali-sekali
Jenis makanan yang perlu diperhatikan untuk dikonsumsi karena kadar kolestrol yang cukup tinggi
Daging sapi berlemak
125
hati-hati
Gajih sapi
130
hati-hati
Gajih kambing
130
hati-hati
Daging babi berlemak
130
hati-hati
Keju
140
hati-hati
Sosis daging
150
hati-hati
Kepiting
150
hati-hati
Udang
160
hati-hati
Kerang
160
hati-hati
Siput
160
hati-hati
Belut
185
hati-hati
Jenis makanan yang berbahaya untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang tinggi.
Santan
185
berbahaya
Gajih babi
200
berbahaya
Susu sapi
250
berbahaya
Susu sapi cream
280
berbahaya
Coklat
290
berbahaya
Margarin / Mentega
300
berbahaya
Jeroan sapi
380
berbahaya
Jeroan babi
420
berbahaya
Kerang putih / tiram
450
berbahaya
Jeroan kambing
610
berbahaya
Jenis makanan yang pantang untuk dikonsumsi karena kandungan kolestrol yang sangat tinggi.
Cumi-cumi
1170
pantang
Kuning telur ayam
2000
pantang
Otak sapi
2300
pantang
Otak babi
3100
pantang
Telur burung puyuh
3640
pantang

Tapi bagi Anda yang telah diperiksa (medical check-up kolesterol) atau ingin mengetahui apakah kolesterol ternyata melebihi batas normal kolesterol, bahkan juga penyakit yang mungkin saja ada di tubuh Anda, Anda bisa menghubungi penulis.

Bagi Anda penderita kolesterol, kami telah memiliki solusi untuk Anda, klik link di bawah ini untuk menormalkan kolesterol Anda:

http://uangbisnisk-link.blogspot.com/2011/05/k-link-12.html
Bila join dengan bisnis ini, Anda akan mempunyai peluang bisnis.




AterosklerosisApa itu aterosklerosis ?
DEFINISI:
Penyakit Arteri Koroner / penyakit jantung koroner (Coronary Artery Disease) ditandai dengan adanya endapan lemak yang berkumpul di dalam sel yang melapisi dinding suatu arteri koroner dan menyumbat aliran darah.

Endapan lemak (ateroma atau plak) terbentuk secara bertahap dan tersebar di percabangan besar dari kedua arteri koroner utama, yang mengelilingi jantung dan menyediakan darah bagi jantung.
Proses pembentukan ateroma ini disebut aterosklerosis. 

Silakan klik URL di bawah ini.
http://herbaljogja.net/2011/04/apa-itu-aterosklerosis/
http://medicastore.com/penyakit/11/Penyakit_Jantung_Koroner.html

Pencegahan:

  • Jaga pola diet yang seimbang, kurangi lemak jenuh hewani, goreng- gorengan, makanan cepat saji dan makanan olahan yang mengandung lemak.
  • Makan makanan yang dapat menurunkan kolesterol.
  • Rajin berolahraga. Latihan fisik meningkatkan sirkulasi dan sangat baik untuk paru-paru, jantung, dan otot.
  • Kelola stres. Gaya hidup stres tinggi meningkatkan tekanan darah & memacu kerja jantung & arteri.
  • Berhenti merokok.
  • Jaga tekanan darah, gula darah, dan berat badan Anda pada tingkat normal.

Semoga tulisan di atas bermanfaat untuk Anda.

Penulis,
Drs. R. Kurniawan Prihatmono
Assistant Manager K-Link
081386837511

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar