Sabtu, 28 Januari 2012

Makanan untuk Penderita Wasir atau Ambeien

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang terjadi karena adanya infeksi atau pembengkakan pada usus besar. Ambeien disebabkan karena kebiasaan minum air putih yang sedikit. Kurangnya minum air putih menyebabkan pembuangan air besar menjadi keras sehingga usus menjadi luka. Lambat laun usus tersebut kemudian akan menjadi bengkak karena sering mengalami luka.

Gejala dari penyakit ambeien ada beberapa indikasi tergantung dari tingkat keparahannya. Awalnya adalah keluhan-keluhan saat buang air besar seperti rasa panas, gatal, dan pedih juga nyeri di daerah sekitar anus. Gejala lain adanya benjolan lunak di dubur dan jumlahnya bisa lebih dari satu dan setelah buang air besar terdapat tetesan darah segar di daerah dubur.

Makanan PANTANGAN penderita WASIR:
Dalam kasus wasir, kita harus seimbang – serta usus – hati dan limpa, dua organ yang memberikan kontribusi pada kesehatan pembuluh darah dan dengan demikian juga pleksus hemoroid. Jika energi dari limpa lemah, tidak memelihara jaringan ikat dan, akibatnya, pembuluh darah mudah lelah. Oleh karena itu, penting untuk menghindari, serta makanan olahan, gula (limpa sebenarnya menderita dari kelebihan gula, dan diberi makan dan rebalanced oleh konsumsi sereal), makanan berlemak dan yang panas terlalu banyak, seperti seperti sosis, daging merah, susu, keju, coklat dan kopi. Kita harus mengurangi konsumsi (yang bersifat panas) seperti daging, junk food, mungkin mengganti merah dengan daging putih atau yang lebih baik masih memberikan preferensi untuk ikan dan kacang sebagai sumber protein. Juga untuk menghindari kelebihan hati kita lebih suka sayuran hijau dan mengurangi konsumsi sayuran dari keluarga solanaceae yaitu termasuk tomat, paprika dan terong. Dan juga hindari makanan yang pedas dan keju.

Buah-buahan lain yang jangan dimakan oleh penderita wasir adalah:  jeruk (bersifat asam), apel (terutama yang hijau).
Peringatan:
Jadi berhati-hatilah, karena untuk mengobati penyakit ambeien / wasir sebaiknya tidak diobati dengan herbal tertentu yang komposisinya mengandung jeruk (dan) atau apel.

Makanan bagi penderita WASIR:
- Konsumsi makanan yang berserat.
Memakan makanan yang berserat adalah salah satu makanan yang wajib dikonsumsi oleh penderita ambeien. Lebih dianjurkan mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan yang tentu saja banyak memiliki kadar serat.
- Mengkonsumsi makanan yang tidak banyak mengandung lemak.
- Mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan adalah juga sangat perlu dilakukan oleh penderita ambeien.
- Ikan–ikanan seperti ikan bandeng adalah termasuk makanan yang perlu dihindari oleh penderita ambeien atau wasir ini.
- Banyak minum air putih.
Jenis-jenis minuman yang perlu dihindari misalnya minuman-minuman beralkohol, selain itu minuman panas seperti kopi dan minuman seperti teh juga perlu dihindari.
- Madu merupakan juga asupan yang baik untuk mencegah atau mengurangi ambeien tersebut.
Untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara teratur.
Selain memperhatikan makanan yang baik dikonsumsi dan yang perlu dihindari oleh penderita ambeien seperti di atas, yang terpenting adalah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan minum air putih yang cukup. Penderita ambeien juga sebaiknya tidak menyerah untuk mengobati penyakit ini, misalnya dengan melakukan terapi obat alami, pengobatan herbal atau memeriksakan diri ke dokter baik untuk penyembuhan maupun pemulihannya. (pusdat/berbagai sumber)

Sumber:
http://www.balipost.com/mediadetail.php?module=detailberitaminggu&kid=24&id=59441

Makanlah sayuran, khususnya sayuran berwarna hijau, makanan yang kaya serat adalah cara paling efektif untuk mencegah wasir. Seluruh biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan meningkatkan gerak peristaltik usus. Banyak komponen serat menarik air dan kotoran menjadi halus dan tebal, mudah untuk lulus.

Juga diperbanyak makan buah-buahan yang mengandung air (kecuali jeruk karena bersifat asam), agar BAB menjadi lebih mudah lulus (tidak perlu / dilarang untuk mengejan saat BAB).

Juga sayur-sayuran dan buah mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan integritas pembuluh darah, khususnya, adalah bioflavonoid penting, vitamin A, C, E, B kompleks dan seng. Blueberry, ceri dan blackberry yang kaya akan bioflavonoid, aprikot, melon, labu, wortel dan cranberry mengandung vitamin A. Jeruk, stroberi, kismis, brokoli, kubis Brussel, selada dan bayam mengandung vitamin C, gandum dan ragi bir serpih mengandung vitamin B , sementara seng hadir dalam gandum, minyak biji, gandum, soba, hazelnut, almond, kacang polong, peterseli, bawang putih dan wortel. Jenis makanan tersebut bermanfaat mencegah wasir.

Ada beberapa tips umum untuk anda dalam menanggani wasir, meminimalisir, mengatasi dan mencegah wasir, diantaranya adalah :
1. Menerapkan gaya hidup sehat. Sangat penting untuk menerapkan gaya hidup sehat mulai dari diri anda, kebersihan lingkungan tempat tinggal anda dsb

2. Olah raga secara teratur. Olahraga sangat penting sekali bagi perbaiki sistem kerja organ tubuh, agar selalu terlihat fit dan segar, dengan olahraga teratur dan rutin dapat membantu anda menangkal radikal bebas dan membuat tubuh anda jauh dari penyakit. Lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan, kondisi kesehatan dan usia anda, lakukan minimal 2-3 kali seminggu.

3. Konsumsi makan-makanan yang banyak mengandung serat, dan vitamin. Konsumsi makanan yang banyak mengandung serat membantu proses pencernaan dalam mengurai makanan. Lengkapi kebutuhan sumber energi anda melalui serat, vitamin, lemak, mineral dan lainnya

4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet. Jika anda dalam keseharian bekerja dihabiskan dengan duduk, jangan lupa sering-sering minum air putih dan beranjak sejenak dari tempat duduk anda untuk melenturkan dan meluruskan otot-otot pinggang, pungung, otak dan mata anda. Bila anda hendak buang air besar jangan terlalu memaksakan dan jangan terlalu lama mengejan atau mengeden karena hanya akan membuat anus anda merasa tertekan.

5. Jangan merokok. Jika anda seorang perokok hendaknya mulai dari sekarang mengurangi bila perlu hilangkan kebiasaan merokok. Rokok tidak hanya menyebabkan wasir itu muncul namun akan mengundang penyakit lainnya seperti kanker paru-paru, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya.

6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar. Usahakan jangan melakukan hubungan seksual melalui anus karena hanya akan menimbulkan adanya penyakit wasir, apalagi bila anda memang memiliki wasir hanya akan memperparah kondisi pada wasir anda.

7. Minum air yang cukup. Konsumsi air putih minimal 8-10 gelas perhari atau sama dengan 1,5-2 liter/hari. Air putih baik untuk menangkal radikal bebas, membantu proses pencernaan makanan, membunuh racun dari makanan atau minuman yang dikonsumsi sehari-hari, memberi vitamin pada kulit, dan membantu melebur berbagai penyakit.

8. Jangan menahan buang air besar atau kecil. Sering menahan buang air kecil atau buang air besar akan menyebabkan adanya gangguan pada kesehatan semisal : sering menahan buang air kecil dapat menyebabkan gejala batu ginjal/batu urin, gangguan saluran kemih, wasir dan penyakit lainnya.

9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan. Suka menggaruk anus/dubur dikarenakan karena kebiasaan buruk yang kurang memperhatikan kebersihan organ intim dan saluran pembuangan. Suka menggaruk anus/dubur akan membuat anus terluka.

10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan. Jika anda hendak buang air besar tetapi sulit mungkin karena feses anda terlalu keras, jangan memaksa untuk mengejan atau mengeden. Karena akan menimbulkan awal mulanya gejala wasir. Bagi wanita yang pernah melahirkan secara normal juga memiliki kemungkinan terkena wasir.

11. Duduk berendam pada air yang hangat. Sediakan air hangat dalam ember atau bak mandi, gunakan untuk berendam sekitar 15-20 menit sebelum anda mandi. Dengan berendam air hangat membantu memperkecil benjolan pada wasir

Sumber:
http://www.pengobatanwasir.com/cara-mengobati-wasir/

Solusi, paduan 3 herbal berkualitas untuk mengobati ambeien / wasir adalah:




K-Liquid Chlorophyll 
http://uangbisnisk-link.blogspot.com/2011/05/k-link-8.html




AyuRhoids
http://uangbisnisk-link.blogspot.com/2011/05/k-link-32.html






Omegasqua
http://uangbisnisk-link.blogspot.com/2011/05/k-link-9.html 

Bila Anda membutuhkan untuk mengobati wasir, silakan hubungi penulis.
Semoga tulisan di atas bermanfaat untuk Anda.
http://uangbisnisk-link.blogspot.com/

Drs. R. Kurniawan Prihatmono
Ruby Manager di K-Link (per Februari 2013)
IDSPAAA06452  HP 081386837511

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar