Selasa, 15 Mei 2018

Fisioterapi Menyeluruh Untuk Tumbuh Kembang Maksimal Bayi Down Syndrome

LANGKAH AWAL BAGI YANG BARU MELAHIRKAN BAYI DOWN SYNDROME

Bagi orang tua yang baru saja melahirkan bayi Down Syndrome (DS) atau trisomi 21, perbanyaklah memperluas wawasan keilmuan apa itu DS di awal-awal pertama kehidupan bayi Anda, pelajari ciri-cirinya telah penulis jabarkan pada artikel berikut ciri-ciri penampilan organ luar dan penyertaan kelainan organ dalam. sedangkan vonis-vonis yang menyatakan bayi bapak/ibu nantinya tidak bisa ini - tidak bisa itu saat dewasa tidak usah dibaca, karena belum tentu bayi Anda demikian, kan belum difisioterapi. Vonis-vonis buruk yang belum tentu kebenarannya hanya akan membuat syok makin dalam dan bisa membuat air susu ibu sekalian bisa berkurang drastis, bisa berubah kualitasnya bahkan ada saja yang malah jadi berhenti total, padahal bayi ini sangat butuh asi untuk memperbagus antibody (imun).

Selagi masih bawah 1 bulan pertama usia bayi Bapak/ibu :
==> bereskan dahulu kuning (bilirubin) sehingga masuk ke nilai rujukan normal
==> sembuhkan dahulu bila ada permasalahan di saluran pernafasan (paru-paru/tenggorokan)
==> bereskan dahulu jika ada masalah di saluran pencernaan misalkan Hirschsprung
==> jika bayi bapak/ibu tidak ada anus atresia ani maka beresakan dahulu operasi pembuatan  colostomy bag (kantung di perut kiri)

Otak manusia (otak bayi) harus juga difisioterapi

Otak bayi DS ternyata perlu difisioterapi karena inti delay (terlambat) perbaikannya yang harus diperbaiki adalah bagian ini, jika bagian ini baik maka inshaa Allah koordinasi gerakan dan kecerdasannya akan membaik, dan sebaliknya jika kurang baik (atau bahkan ada masalah syaraf otak) maka bisa mempengaruhi organ yang berhubungan dengan perintah kontrol dari syaraf tersebut. Dan untuk ekspresi, perhatian dan aura ternyata pun dikontrol oleh salah satu dari ke 3 otak ini. Untuk lebih jelasnya silakan menghubungi penulis, bagiannya apa saja dan bagaimana cara fisioterapi (menyeluruh)-nya.

TIDAK BISA SEMBARANGAN FISIOTERAPI LATIHAN BAGI YANG JANTUNG BOCOR
Setelah mengenali ciri-cirinya dan penampilan luarnya, setelah bayi Anda sehat dari kondisi kuning (bilirubin) yang sangat sering terjadi pada bayi ini, maka langkah selanjutnya harus melakukan tes echo jantung ke dokter spesialis jantung dan agar bapak/ibu tahu mengapa harus dites echo jantung (echo cardiography) silakan dibaca artikel berikut bayi DS harus segera dilakukan tes echo jantung di usia 1 bulan
Tujuannya agar diketahui bayi bapak/ibu sekalian masuk ke kategori mana berat atau tidaknya organ dalamnya dan agar tidak sembarangan  melakukan fisioterapi saat treatment latihan pada bayi ini yang bisa membahayakan jantung bocornya. Jika setelah dilakukan tes echo jantung, andaikan terjadi bocor PDA 2,5 mm ke atas atau jenis ASD (serambi) atau VSD (bilik) 4 mm ke atas, jadi bapak / ibu sekalian tidak bisa sembarangan karena latihan tertentu yang membahayakan dada, bisa membuat yang ada bocor PDA (2,5 mm ke atas) bisa menjadi sesak jalur arteri pulmonallis (arteri menuju) paru-paru dan bisa terjadi PH (Pulmonal Hipertensi).

Arteri pulmonalis (perhatikan panah warna oranye)

Dengan kondisi-kondisi penyertaan organ-organ dalam dan membaca artiikel-artikel di atas sehingga fisioterapi yang akan dilakukan pada bayi ini TIDAK BOLEH SEMBARANGAN URUT, misalkan yang ada jantung bocor tidak boleh membalikkan dengan cara tertentu menopang dengan sesuatu pada dadanya sambil bayi dijungkirkan, terlebih lagi walau tidak ada jantung bocor tapi mengalami misalkan atresia ani (tidak ada anus) tidak boleh sembarangan mentreatment tengkurap pada bayi atresia ani dan tidak boleh sembarangan urut pada perut bayi DS yang buncit dan seterusnya jika ada masalah organ penyertaan lain, jadi kehati-hatian sangat diperlukan pada bayi DS yang ada mengalami penyertaan kelainan organ dalam.

Jadi tidak serta merta langsung mentreatment urut (misalkan di seputaran perut) dan membalikkan tubuh bayi / tengkurap (dengan pengkondisian tertentu pada dadanya: silakan menghubungi penulis^^^) yang ada di internet, bisa jadi pada contoh tersebut bayi yang dicontohkan kondisinya sehat dalam arti tidak ada bocor jantung dan tidak atresia ani, dan perut bayi tidak buncit dan tidak ada masalah-masalah sama sekali pada organ dalamnya. Jadi haruslah mengetahui lebih dulu adakah kelainan penyertaan organ dalam bayi Bapak/Ibu, inilah yang menjadi pertimbangan fisioterapi seperti apa yang bisa, boleh dan harus diberikan pada bayi ini.

^^^ Bayi yang ada jantung bocor agak besar dan besar tidak boleh menangis sampai 1 menit, (apalagi sampai sesenggalan) harus segera dihibur agar tenang nafasnya

Bayi DS kami kelompokkan ke dalam 4 kategori besar, berdasarkan ada tidaknya dan besar kecilnya bocor pada jantungnya, silakan dibaca  artikel berikut:
http://kprihatmono.blogspot.com/2017/03/kprihatmonoblogspotcoid-mencapai-6.html

Setelah bapak/ibu memahami kondisi-kondisi yang terjadi barulah 1 per 1 kita perbaiki (secara bersamaan dan berkessinambungan) dengan :

3 POLA BESAR:
1. MASALAH MEDIS

2. PERBAIKAN PENAMPILAN LUAR
3. PERBAIKAN ORGAN DALAM
http://kprihatmono.blogspot.co.id/2018/03/hari-down-syndrome-sedunia-21-maret-wdsd.html 

JENIS FISIOTERAPI MENYELURUHLAH YANG DIBUTUHKAN BAYI DS

Kebanyakan berkantung mata (ada yang agak tebal, ada yang tebal)


Kebanyakan (walau tidak semua bayi) gelambir tebal di leher belakang

Kebanyakan (walau tidak semua bayi) leher depan pendek & pipi ngondoi (turun)

Kebanyakan (walau tidak semua bayi) perut buncit 
padahal tidak Hirschsprung dan tidak diare

Ada yang sampai mengalami leher lebar, bila tidak dikecilkan maka kondisi ini 
lama kelamaan akan menjadi keras dan membuat kurang
baik penampilan (leher seperti huruf A) dan membuat lemah saat akan dilatih kepala tegak

Jadi sangat bervariasi sekali masalah organ luar dan organ dalam yang terjadi pada bayi trisomi 21. Dan fisioterapi yang akan bapak/ibu lakukan apakah sampai ke bagian-bagian yang bermasalah banyak dan mendalam seperti di atas atau tidak ?

*** Walaupun tidak banyak ciri dan penyertaan seperti di atas pada bayi bapak/ibu, tapi jika bapak/ibu menginginkan memperbaiki wajah bayinya, misalkan kawatir saat sekolah dibully oleh anak lain yang anak lain di usia 7 tahun, usia 8 tahun yang sukar diberi tau untuk tidak membully (mengejek) (demikian banyak orang tua menyampaikan ke penulis) silakan menghubungi penulis *** sms ke 081386837511 

Jika bapak/Ibu menginginkan sampai membereskan masalah seperti di atas silakan hubungi kami, karena memperbaiki penampilan luar tidak sembarangan urut dan usap, yang wajah bisa diperbaiki yaitu dengan cara diusap lembut saja (bukan diurut bukan dipijat), karena jaringan ikat di wajah sangat lembut / halus jadi caranya cukup diusap. Dan untuk  memperbaiki wajah butuh waktu ada yang 4 bulan, 5 bulan atau 6 bulan (tergantung "kekentalan" ciri wajahnya) di masa rentang usia bayi 1 bulan sampai 11  bulan (maksimal) selagi jaringan ikat wajah masih lunak.

HATI-HATI JANGAN SALAH ARAH USAP WAJAH
HATI-HATI salah arah usapan di wajah (dan salah tekanan) contoh pada pipi, jika arah usapan salah, maka pipi bukannya jadi bagus (naik) atau tirus (dan tidak rata di bagian bawah), malahan bisa makin ngondoi (turun). Contoh yang bahaya: bila salah urut dengan tekanan di kantung mata, bisa fatal menyebabkan bola mata bisa agak mennonjol ke luar, jadi harap tanyakan dengan yang sudah berpengalanan tahunan menangani bayi DS dengan pencapaian dan hasil yang sudah jelas dan kami berikan contoh-contoh hasil kepada bapak/ibu sekalian ==> kami akan pertemankan (setelah 1 bulan terapi).

PERBEDAAN USAP DAN URUT:
Pada bagian WAJAH (pipi ke atas) DIUSAP (BUKAN DIURUT) *)
Pada bagian LEHER KE BAWAH adalah dengan DIURUT *)

Apa perbedaan usap dan urut ?
Kalau urut untuk bayi trisomi 21 rata-rata hanya urut ringan saja, sedangkan untuk wajah adalah usapan lembut seperti kita mengelus pipi jadi tanpa tekanan.

Apa akibat bila kita salah treatment (yaitu dengan urut kan berarti dengan tekanan) CONTOH jika kita urut pada bagian kantung mata maka dampak buruk bila salah melakukan akan bahaya yaitu bola biji mata bisa menjadi seperti akan mau ke luar karena tertekan dari intensitas perlakukan yang salah, jadi hanya usapan saja itupun dengan arah yang benar, bila tidak benar maka tebalnya kantung matapun kurang membuahkan hasil. Sehingga usia bayi bertambah tapi tak kunjung bagus, sehingga akhirnya wajah tidak juga menjadi bagus.

HARUS TAU TUJUAN TREATMENT USAPAN WAJAH
Lalu jika wajah kita urut di bagian yang tidak bermasalah tanyakanlah, apa gunanya urut pada bagian yang tidak bermasalah tersebut, apa tujuannya ?

Bila tidak ada tujuannya maka bisa jadi treatment urutnya kurang ada gunanya untuk memperbaiki penampilan pada ciri DS di wajahnya, sehingga akan membuang waktu saja, padahal seharusnya setiap hari yang dilakukan lebih baik selagi jaringan ikat di wajah masih lunak (maksimal usia 11 bulan) gunakanlah perbaikan wajah sebaiknya-sebaiknya dan secepat-cepatnya, karena perbaikan wajah bisa memakan waktu 5 atau 6 bulan, yang semakin mendekati usia 11 bulan kecepatan membaiknya wajah agak tidak secepat usia bawah 6 bulan usia bayi.

Contoh: Jika jidat / dahi bayi tidak ada masalah dengan ciri khas kelainan DS-nya, tapi diurut-urut seputarnya maka tentulah tidak mempengaruhi perbaikan perubahan wajahnya alias tidak berdampak bagus ke perbaikan bayi bapak/ibu dan hanya membuang waktu saja, jadi lebih baik treatmentlah pada yang berfokus pada seputaran bagian wajah ciri DS yaitu pipi yang ngondoi, kantung mata, mata sipit dan batang hidung yang flat (rata).
INGAT: Jangan buang waktu dengan treatment yang tidak tepat guna, karena wajah tak kunjung membaik, sementara usia bayi terus bertambah setiap hari.

Jadi KETEPATAN CARA DAN ARAH, KERAJINAN INTENSITAS setiap hari dan melakukan dengan LEMBUT KASIH SAYANG yang akan membuahkan hasil yang benar dan maksimal. Konsultasilah dengan kami dan ikuti fisioterapi kami sehingga bapak/ibu sekalian tidak membuang-buang waktu karena banyak yang akan difisioterapi dan diperbaiki.

AGAR LEBIH TINGGI / PANJANG
Urut juga tidak sembaragan arah pada tubuh bayi, bisa jadi kalau hanya urut kekuatan saja, maka postur bayi cenderung kurang tinggi, jadi harus ada tambahan urut tertentu agar bayi bapak/ibu sekalian juga berpostur agak lebih tinggi. Jadi tidak bisa sekedar belajar sebentar kepada fisioterapis misalkan cara urut-urut usia 3 bulan, lalu selesai belajar urutnya dan seterusnya bisa urut sendiri sampai bayi usia 1,5 tahun ==> maka TIDAK DEMIKIAN, tapi belajar urut pada tubuh bayi ini terus setiap bulannya dan berkesinambungan dari bulan ke bulan disesuaikan peruntukkannya untuk kemajuan tumbuh kembang di bagian organ tertentu.

Contoh: Urut usia 3 bulan belum boleh untuk leher depan, leher depan baru boleh diurut di usia 5 bulan ke atas. Dikarenakan otot leher bayi ini usia 3  bulan belum tumbuh sehingga belum bisa dan belum boleh diurut. Jadi tidak bisa belajar beberapa kali lalu langsung bisa diterapkan urut untuk sampai usia bayi sampai 1,5 tahun (misalkan). Beberapa bagian tubuh ada masa-masanya baru bisa diurut.

DI ATAS adalah penjelasan medis yang harus dites adalah pola A BESAR (seperti jantung bocor harus diketahui) dan usap dan urut yang baik adalah pola B BESAR.

BAYI TRISOMI 21 MEMERLUKAN FISIOTERAPI POLA C BESAR
Perbaikan pada bayi ini selain pola A BESAR dan B BESAR di atas yang memperbaikinya dengan medis dan terjangkau tangan dengan diusap dan diurut, juga membutuhkan treatment yang tidak terjangkau dengan usapan dan urutan tangan kita juga sangat diperlukan yaitu contohnya:

Perbaikan Organ Dalam Dengan Kemampuan Khusus
1. Bayi ini dari suara nangisnya kalau diperhatikan antara eee....pertama ke eeee...selanjutnya seringkali berjeda waktu agak lama, tidak seperti bayi-bayi biasa, (akibat jenis nangis) ini menandakan tenggorokan dan kerongkongan masih sempit sehingga akan menjadi lambat (menelan) asupannya (susu bahkan air putih). TERBUKTI: Bila pihak medis seringkali mengetes ke bayi-bayi trisomi 21 di usia 6 atau 7 bulanan dengan berkata coba bayi ini dites minum air putih ! Alhamdulillah kebanyakan bayi hasil terapi kami bisa minum dengan baik

Mengapa dokter suka bertanya dan mengetes demikian (minum air putih) kepada bayi di usia masa MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) ?

Karena memang sudah diperlukan minum air putih pada bayi di masa MPASI, makin besar bayi porsi susu akan makin dikurangi sehubungan sudah makan MPASI dan air putih sudah harus segera dimulai dan karena di luaran sangat jarang ada fisioterapis yang ke organ yang tidak terjangkau tangan kita treatmentnya, maka rata-rata dokter sering bertanya dan mengetes demikian. (Catatan: sifat air putih lebih deras mengalirnya (turunnya) di kerongkongan bayi dibandingkan susu, itulah sebabnya maka bagi bayi trisomi 21 yang jenis suaranya masih terputus-putus  agak lebih susah minum aur putih di masa MPASI. Maka fisioterapinya memang harus diperlukan yang mampu sampai ke organ dalam perbaikannya agar masa MPASI-nya berhasil bagus tujuan akhirnya adalah penunjang berat badan agar naik yang baik setiap bulannya.

Agar diketahui berat badan di usia 1 tahun yang baik minimal 8,5 kg dan terbaik di 9 kg. Bila di usia 1 tahun masih 7 kg (apalagi belum tercapai 7 kg) biasanya (maaf) dikatakan gizi buruk. browsinglah di internet dengan keyword: TABEL BERAT BADAN BAYI
Dan terlebih bagi yang ada jantung bocor (misalkan kecil atau sedang di ASD/VSD 4-5 mm ke bawah) dokter akan berkata kenaikan berat badan yang stabil dan baik agar jantung bocor cepat menutup.

Contoh tabel Berat badan Bayi

Patokan berat badan bayi tiap bulan yang bagus pada bayi DS adalah
Berat Maksimal + Berat Badan Minimum : 2
Usia 6 bulan = 7,4 kg + 5,8 kg : 2 = 13,2 kg : 2 = 6,6 kg
Usia 8 bulan = 8,4 kg + 6,6 kg : 2 = 15 kg : 2 = 7,5 kg
Usia 10 bulan = 9,3 kg + 7,4 kg : 2 = 16,7 kg : 2 = 8,35 kg
Usia 12 bulan = 9,9 kg + 7,9 kg : 2 = 17,8 kg : 2 = 8,9 kg

BERAT HARUS BAIK TIDAK KURUS DAN JUGA TIDAK KEGEMUKAN
Yang terbaik adalah di sekitaran berat di atas ini, karena kalau kekurusan maka kaki bayi tidak bisa berdiri dengan baik menopang berat tubuhnya dan kegemukan (misalkan usia 1 tahun mencapai 11 kg) maka dengkul bayi juga terlalu berat menopang perutnya yang kegemukan, jadi kemampuan jalannya akan terdelay, ini harus diupayakan benar-benar beratnya makanya : hormon tiroid (metabolisme) harus baik, kekuatan asupan harus baik dan daya serap usus harus diperbaiki.

Berat yang baik berkemampuan apa:
Berat bayi 7 kg di usia 8 atau menjelang 9 bulan maka kita akan mulai memberdirikan bayi
Berat bayi 8 kg bayi sudah harus bisa berdiri tegak
Berat bayi 8,5 kg maka tahapan kemampuan rembetan dan titah-titah

Seperti penulis jelaskan di atas bahwa usia 11 bulan diharapkan sudah mencapai 8 sampai 8,5 kg DIHARAPKAN DENGAN FISIOTERAPI kami juga sudah mencapai wajah yang baik, aura wajah dan ekspresi yang baik, tidak berwajah dengan tatapan kosong. Bila di 1 tahun masih bertatapan kosong (tidak ekspresi dan tidak fokus) maka bapak/ibu telah melalui masa-masa usia 1 bulan sampai 11 bulan yang sudah tidak bisa diulangi lagi perbaikan bayi DS Bapak/ibu di usia tersebut. Sungguh sangat disayangkan bila sudah usia di atas 1 tahun baru menghubungi kami sementara kondisi tidak diperbaiki (masih kurang mencapai hasil yang maksimal di perbaikan luar) maka maaf sekali perbaikan wajah sudah terlambat, jadi hanya fisioterapi organ dalam dan rembetan dan titah-titah dan kemampuan jalan saja yang akan dikejar.


2. Banyak orang tua yang berkata bayi (DS) saya sudah makan banyak tapi kenapa berat badan tidak naik dengan baik dan bab (buang air besar)-nya banyak ?
Terutama bisa ada 3 penyebab:
Hormon tiroid sudah diperiksa dan diperbaiki atau belum ?
Jika belum, maka tes (di bagian endokrin) dan perbaiki hormon tiroid.
Jika sudah hormon tiroid sudah baik, maka ada jantung bocor agak besar atau besarkah yang terjadi pada  bayi bapak/ibu ?
Jika ada jantung bocor (agak) besar memang menjadi hambatan bagi bayi bapak/ibu sekalian agar berat badan bayi bisa mencapai 8,5 - 9 kg di usia 1 tahun. Jadi kita harus perbaiki daya serap usus bayi dengan baik, maka fisioterapi ke organ dalam yang tidak terjangkau tangan dengan di urut-urut juga diperlukan di sini.

3. Perut buncit tidak sembarangan urut, diperlukan cara urut khusus juga untuk melakukannya, karena udara / gas yang "terjebak" dalam perut dan kondisi ini jika tidak cepat dibereskan di bawah usia 6 bulan pada akhirnya akan menjadi penghambat tumbuh kembang bayi.

4. Delay (lambat) kecerdasan otak bayi juga diperlukan pada fisioterapi bayi DS agar otaknya lebih cerdas. Ada 3 bagian utama otak yaitu otak depan (frontal lobus), otak besar (cerebrum) dan otak kecil / otak belakang (cerrebelum) agar koordinasi perintah pada organ-organ tungkai sinkron sehingga kita mudah memfisioterapi motorik halus dan motorik kasar.

3 bagian otakyang perlu difisioterapi

5. Dan masih ada beberapa organ dalam lainnya yang perlu diperbaiki. Silakan menghubungi penulis.

Apa bukti hasil nyata dari perbaikan otak bayi ini pada fisiioterapi organ dalam pada metode kami ?
Contoh yang benar-benar yakin kepada Allah SWT dan keluarga besar ikut juga membantu dzikir persiapan untuk bayinya saat akan difisioterapi metode kami, sehingga salah satu pasien kami yang saat lahir bayinya hanya dengan berat 1,95 kg premature dan di saat usia 19 bulan di berat yang cukup mencapai 10 kg ingin tau CTScan otak bayinya dan alhamdulillah seperti berikut:

Salah satu contoh hasil yang pernah CTScan

Bahkan dokter ahli syaraf yang men-CTScannya pun takjub dan heran bahwa bisa full (penuh) otaknya penuh putih menandakan otak bayi ini siap sebagai wadah untuk mencerdaskan, dan tinggal orang tuanya rajin memintarkan dan memasukkan ke sekolah yang bermutu baik dan ditambah mainan edukasi yang baik layaknya anak-anak biasa. Alhamdulillah anak inipun telah masuk sekolah pendidikan dini umum.

Kemampuan khusus apakah yang diperlukan, semua dilakukan dengan tidak melanggar ajaran Islam, bahkan kami hanya menggunakan dzikiran dan kalimah-kalimah thayyibah** yang semuanya hanya dimohonkan kepada Allah SWT. Sehingga dengan dzikir ini Bapak/Ibu dari minggu ke minggu dan dari bulan ke bulan inshaa Allah akan melihat kemajuan-kemajuan seiring dengan kerajinan sehari-hari dan dengan sabar dan kasih sayang, sehingga inshaa Allah bapak/ibu sekalian akan melihat bahwa Allah akan memberikan keajaiban dengan Kemaha Kuasa-Nya kepada organ luar dan juga organ dalam bayi bapak/ibu sekalian, pada akhirnya hikmah atas kelahiran bayi ini di tengah keluarga bapak ibu sekalian inshaa Allah akan semakin dekat kepada Sang Pencipta segala makhluk yaitu Allah SWT.

**) Keterangan : Untuk penjelasan ini dan dampak baik hassilnya inshaa Allah akan penulis jabarkan lebih rinci pada artikel berikuitnya

Sebagai salah satu contoh hasil terapi kami sekitar awal Mei 2018 ini penulis berkomunikasi dengan salah satu orang tua pasien kami yang sudah masuk PAUD 9 bulan lalu.
Masih ingatkan dengan kisah Pak S dan anaknya H silakan dibaca lebih dulu
http://kprihatmono.blogspot.com/2015_07_16_archive.html
Anak Pak S alhamdulillah sudah masuk PAUD sejak 9 bulan lalu dan Mei 2018 ini usianya 4 tahun 9 bulan dan silakan dibaca kemampuannya saat ini :


Komunikasi penulis dengan salah satu orang tua pasien yang anaknya sudah masuk PAUD

Alhamdulillah di usia 4 tahun + 9  bulan H sudah mengenal angka, huruf (alfabet) dan warna bahkan sudah mengenal huruf hijaiyah. Merupakan pencapaian yang luar biasa bagi yang trisomi 21 berkemampuan sudah baik dan pintar seperti ini, bahkan di tempat terapi wicara yang baru diikuti sejak 3 bulan belakangan ini para terapis wicara pun tidak percaya bahwa H adalah trisomi 21, ini semua karena kemampuannya sudah seperti anak-anak biasa seusianya. Beberapa orang tua baru lainnya sudah beberapa yang penulis pertemankan whatsapp dengan ibunya H.

Alhamdulillah para orang tua sekalian menjadi lebih semangat demi buah hatinya.

Itulah salah satu hasil pasien kami, semua atas keyakinan para orang tua sekalian akan ke Maha Kuasaan Allah yang jika kita ikhtiar yang benar, rajin, sabar dan dengan dzikiran kepada Allah inshaa Allah, Allah ridho dengan hasil maksimal buah hati bapak/ibu sekalian. Tak ada yang tidak mungkin bagi Allah SWT, walau medis sudah berkata ini bawaan (congenital) lahir yang tidak bisa bagus terhadap delay (keterlambatan)-nya. Semoga buah hati ibu dewasanya kelak bermanfaat untuk orang banyak dan bisa Mandiri yang sejahtera sepeninggal kita nantinya. dan semoga kelak menjadi anak sholeh / sholeheh dan membawa ke dua orangtuanya ke surga-Nya Allah kelak. Aamiin.

FISIOTERAPI MENYELURUH KAMI MELIPUTI:
Penatalaksanaan terapi bayi DS
Penatalaksanaan fisioterapi bayi DS
a. Kantung mata tebal ==> harus ditipiskan setipis (serata mungkin) agar jauh dari wajah kembar 1000 DS
b. Mata sipit ==> harus ditreatment dengan cara tertentu agar menjadi lebih lebar (sesuai dengan mata orang tuanya maksimal)
c. Pipi ngondoi (turun) ==> harus ditreatment dengan cara tertentu agar naik dan kuat seperti bayi-bayi pada umumya
d. Pipi bawah yang rata ==> sebaiknya kita buat agar naik dan tirus
e. Lidah yang suka menjulur ==> sering masukkan dengan tangan yang bersih
f. Otak yang delay ==> fisioterapi otaknya agar lebih cerdas
g. Gelambir leher belakang yang tebal ==> agar ditipiskan serata mungkin penunjang kuatnya leher
h. Leher depan yang pendek ==> harus kita buat lebih panjang agar lebih jenjang
i. Perut buncit ==> harus kita buat agar tidak buncit
j. Tenggorokan yang sempit ==> difisioterapi agar tidak sempit
k. kerongkongan yang sempit ==> difisioterapi agar tidak sempit
l. Jika tapak kaki datar ==> ada treatment tambahan khusus agar cepat jalan
m. Kekuatan menyedot asupan ==> harus difisioterapi agar kuat mengasup nutrisinya (usia tertentu mulai harus bisa pakai dot dan menyedot dari botol
n. Telapak tangan yang suka menggenggam ==> harus kita buat agar suka membuka
o. Aura wajah juga difisioterapi ==> agar wajah semakin ekspresi dan tidak melongo 
p. Jika ada kelenjar di seputaran leher atau lainnya^^ ==> inshaa kami usahakan
dan masih banyak lagi semua ini agar maksimal hasil yang didapat.

^^ khusus pegang bayi langsung

Dengan banyaknya yang harus difisioterapi banyak orang tua pasien yang berkata bahwa kami satu-satunya di Indonesia (bahkan orang tua pasien Malaysia-pun juga berkata) bahawa kami satu-satunya di Indonesia yang memfisioterapi demikian lengkap (dan banyak bagian tubuh).

Jadi fisioterapi  yang menyeluruhlah (kurang jika hanya stimulus dan latihan otot saja) yang dibutuhkan bayi DS (dikatakan delay atau terlambat kecerdasannya, otaknya), maka tentulah yang diperlukan stimulus, treatment luar agar penampilan membaik dan kecerdasan otak juga harus difisioterapi dan ditingkatkan (organ-organ luar dan sampai dalam) sehingga dapat maksimal kemajuan tunbuh kembangnya luar dalam. Inshaa Allah.

^^^^ Bayi DS yang sedang sakit sebaiknya tidak difioterapi latihan, sembuhkan lebih dulu
Fisioterapi kami tidak termasuk ke panca indera.

Kepada para orang tua yang memiliki bayi penyandang trisomi 21:
Jangan putus asa
Jangan menyerah
Ayo maju bersama anak.
Rawatlah sebaik dan secepat mungkin (masa tercepat perbaikan wajah usia sebelum 350 hari dan masa tercepat untuk perkembangan tumbuh kembang harus sudah baik di 1000 hari pertamanya)
Dan didiklah dengan baik sehingga menjadi anak yang dewasa nanti menjadi anak mandiri yang sejahtera. 



Semoga bermanfaat,
Penulis,
Drs. R. Kurniawan Prihatmono
Konsultan Bayi DS (Fisioterapi oleh istri)
HP 081386837511
(Harap SMS terlebih dahulu)

JANGAN EMAIL
Hanya bagi yang serius memiliki bayi DS


LATAR BELAKANG PENULIS
1999 sd 2013 bekerja di sebuah sekolah bertaraf internasional :
13 tahun bekerja di lingkungan anak-anak autis & down syndrome (anak berkebutuhan khusus ABK)

2011 sd 2013 ikut MLM K-Link dan mengikuti seminar-seminar yang diadakan oleh stokis-stokis (selama 2,5 tahun dengan pembicara-pembicara adalah banyak dokter-dokter sampai dokter anatomi fisiology dari Malaysia (saat ini penulis sudah mencapai peringkat Emerald Manager di K-Link)

2011 sd 2018 (7 tahun) bersama istri keliling ke rumah-rumah pasien dalam memfisioterapi bayi DS
Dari 250 bayi yang sudah ditangani 70% mengalami jantung bocor (dari 70% sekitar 10% harus melalui operasi jantung bedah terbuka). Penulis sudah membaca hasil tes echo jantung sekitar 150 kasus bayi ini.
Total sudah 20 tahun lebih penulis (hampir separuh hidup penulis, usia saat ini 50 tahun) berurusan dengan anak-anak ABK


==========

LATAR BELAKANG FISIOTERAPIS (istri)
Pengalaman sudah melakukan fisioterapis penyakit medis 2002 - 2008
Pernah diminta memfisioterapi penyakit medis ke Singapura
Sejak 2007 sampai 2018 sudah 11 TAHUN melakukan fisioterapis khusus bayi DS & terapi aura
2016 sampai sekarang sudah memfisioterapi bayi dari beberapa negara lain:, seperti:
Malaysia, Qatar, Sidney

==========

Keyword:
Terapi ds
Terapi trisomi 21
Fisioterapi ds
Fisioterapi trisomi 21
Fisioterapi dasar ds
Fisioterapi dasar trisomi 21
Fisioterapi menyeluruh ds
Fisioterapi menyeluruh trisomi 21
Fisioterapi dasar down syndrome
Fisioterapi menyeluruh down syndrome
Penatalaksanaan fisioterapi ds

3 komentar:

  1. Appreciate the recommendation. Will try it out.

    BalasHapus
  2. Good article. I will be experiencing many of these issues as well..

    BalasHapus
  3. website panutan saya dalam menulis meski saya newbie

    BalasHapus