Selasa, 08 Maret 2011

Hati (ku) Ikhlas Menerima

 Jika teringat lagu Chris Norman – Baby I Miss You, sepenggal lagu bernuansakan cinta. Tapi yang aku tulis kali ini bukanlah soal lagu itu, hanya sebuah tulisan jika teringat akan kenangan- kenangan manis yang pernah terjadi saat istri masih hidup, kami menikah 19 Juli 2009. Karena siapa yang tidak menangis saat ditinggal istri tercinta, padahal  umur pernikahan kami baru 1 tahun. Istriku meninggal karena kanker ganas stadium 4 (stadium akhir) di paru-paru. yang  menyebar dari kanker rahim (tapi kanker rahim sukses diangkat). Namun paru-paru ini yang membuatnya  tidak bisa bernafas, karena cairan yang lama kelamaan memenuhi paru- parunya, sehingga tidak bisa bernafas. Begitu keluar dari rumah sakit diultimatum oleh dokter tinggal 3 bulan usianya, ternyata bukan 3 bulan, nyatanya hanya 19 hari, memang umur manusia tidak ada yang tahu. Sehingga sampai meninggalnya umur pernikahan kami baru 1 tahun 3 bulan, istriku meninggal 6 November 2010. Siapapun itu, pasti akan sedih. Begitu pula seorang Angelina Sondakh pun demikian saat suaminya (Adjie Masaid) tercinta meninggal dunia, pernikahan mereka baru berusia 2 tahun. http://www.cumicumi.com/news/view/110/17719

Mungkin yang aku tahu (terutama) menangis ada 4 penyebab, karena:
1. merasa pedih atau perih (seperti tersayat/terpotong)
2. menonton atau melihat pertunjukan yang mengharukan
3. kehilangan kekasih, suami/istri, anak, keluarga lainnya
4. terhadap sang Pencipta, yang terakhir ini menangis yang bersifat positif.

Walau terkadang orang yang suka menangis sering kali dibilang sebagai orang cengeng, padahal menangis itu indah, sehat, dan simbol kejujuran karena banyak sebabnya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi, "Ada mata yang diharamkan masuk neraka, yaitu mata yang tidak tidur semalaman dalam perjuangan fisabilillah dan mata yang menangis karena takut kepada Allah."Orang-orang yang gampang berderai air matanya, ketika terharu mengingat dan merindukan Tuhannya, air mata itu akan melicinkannya menembus surga. Air mata yang tumpah karena menangisi dosa masa-masa lalu akan memadamkan api neraka.

Seorang sufi pernah berkata, jika seseorang tidak pernah menangis, dikhawatirkan hatinya gersang. Salah satu kebiasaan para sufi ialah menangis. Beberapa sufi, mata dan mukanya menjadi cacat karena air mata yang selalu berderai. Allah SWT memuji orang menangis. "Dan, mereka menyungkurkan wajah sambil menangis dan mereka bertambah khusyuk." (QS Al-Isra' [17]:109). Nabi Muhammad SAW juga pernah berpesan, "Jika kalian hendak selamat, jagalah lidahmu dan tangisilah dosa-dosamu."

..dengan linangan air mata..

Sebagai manusia aku juga harus menerima bahwa ini adalah takdir ilahi.  Seandainya kita bisa jujur dengan sejujur-jujurnya ..bisa saja ucapan terkadang berbeda dengan yang ada di dalam hati kita, …. wahai manusia sesungguhnya yang benar itu adalah kata hatimu… Hal ini bukan berarti bahwa saya adalah yang paling bersih hatinya dan bukannya tidak ikhlas, sungguh tidak… Saya menulis blogspot ini penuh dengan linangan air mata, yaitu saat menulis sejak kejadian-kejadian pengurusan surat-surat umroh sampai perjalanan umroh selesai yang penuh dengan keajaiban. Dan penulis masih harus banyak belajar dari orang yang selalu manata hati, ihklas menerima takdir ilahi untuk terus dapat melanjutkan hidup.

Terima kasih kepada sahabat-sahabat yang telah membantu menguatkan, agar penulis juga jangan  terus berlarut dalam kesedihan dan jangan mengeluh terus, sehingga blogspot ini menjadi lebih baik, yaitu kepada: Bu Arfah dan Bu Syanti, Mas Reno, Pak Aki, Pak Nur, Mas Farid, Mas Rahmatulloh dan Mas Rio serta Bu Ikah di Nursyifa', dan lain-lain yang tidak bisa disebut satu persatu.  Memang sewaktu SMA dulu tahun 1985, saya pernah menulis karangan singkat, tapi saat ini sudah tidak bisa dan tidak pernah lagi, bahkan saya tidak pernah bisa membuat puisi sebelumnya. Entah kenapa setelah saya ikut terapi di Nursyifa', mungkin potensi ini dulu tersembunyi, kini muncul. Sehingga selalu ingin membuat tulisan atau artikel, puisi dan do'a. Rasanya ide-ide seperti mengalir deras dari kepala dan jari-jari tanganku ini seperti tidak mau berhenti untuk selalu menulis sesuatu. Mudah-mudahan artikel dan do'a yang kubuat dapat bermanfaat bagi orang lain. Amiin.

Ya Allah, jika aku menangis janganlah karena duniawi, tapi menangislah hamba karena teringat akan dosa-dosaku, mungkin pernah berkata yang tidak baik terhadap istriku,  perkataanku pernah menyakiti orang lain,  bersihkan hatiku, berilah hamba kekuatan dan keihklasan, kuatkan hamba dengan kesabaran, ampunilah semua dosaku dan aku berharap ampunan-Mu, terimalah taubatku dan aku mengharap Ridho-Mu Ya Allah. Amiin.


Chris-Norman, Baby-I-Miss-You
can't stay at home
when the night is calling
I got lots of friends
to join me for a drink
but there's no one there
who can stop me falling
'cos your love
is like the missing link

oh baby I miss you
when the mem'ries creep into my mind
baby I miss you
tears of desperation make me blind
baby I miss you
'cos I left the good times way behind
baby I miss you
wanna be with you

I won't miss a chance
looking for a new love
searching for the girls
when the day is done
but I feel my heart's
looking for a true love
and I know
you're the only one

oh baby I miss you
when the mem'ries creep into my mind
baby I miss you
tears of desperation make me blind
baby I miss you
'cos I left the good times way behind
baby I miss you
wanna be with you

baby I miss you
and if we ever meet again
open you heart if you can

oh baby I miss you
when the mem'ries creep into my mind
baby I miss you
tears of desperation make me blind
baby I miss you
'cos I left the good times way behind
baby I mïss you

Download lagu di situs ini jika ingin mendengarnya (bagus deh):

Terjemahan bebasnya kira-kira:
Tak bisa tinggal di rumah
Saat malam memanggil
Saya punya banyak teman
U
ntuk bergabung dengan ku untuk minum
Tetapi tidak ada orang di sana
Y
ang bisa menghentikan aku jatuh
Karena cintamu
A
dalah seperti rantai yang hilang

Oh sayang aku kehilanganmu  
Ketika merayap memory ke dalam pikiran ku
Sayang
aku merindukanmu
Air mata keputusasaan membuat ku buta
Sayang aku merindukanmu
Karena aku meninggalkan kenangan manis bersamamu
Sayang aku merindukanmu
I
ngin bersamamu
Aku tidak akan kehilangan kesempatan
Mencari cinta baru
.......................................dst



Tidak ada komentar:

Posting Komentar