Selasa, 28 Februari 2012

APAKAH MOTIVASI BISNIS ANDA ???


APA MOTIVASI BISNIS ANDA, KARENA PRODUK, INGIN DAPAT JODOH ATAUKAH LAINNYA ?

A. LATAR BELAKANG
Apa yang memotivasi dalam bekerja Anda, apakah uang, jodoh atau lainnya ?
Banyak alasan dan pendapat berbeda setiap orang untuk bekerja dalam mencari penghidupan. Di sini pendapat pribadi penulis dengan mencari pendapat yang beragam dari internet yang sengaja penulis tuangkan dari beberapa aspek, mungkin bisa memberi motivasi yang lebih baik untuk Anda dalam berbisnis. Semoga bermanfaat !!!

B. DEFINISI.
Memang uang bukanlah segala-galanya, tapi segala yang kita butuhkan perlu uang !!!
Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Tentu Anda sudah tahu kegunaan uang, antara lain penulis jabarkan di bawah ini.

Dengan uang Anda bisa:
-Makan sehari-hari
-Transport untuk bekerja
-Membiayai pendidikan yang berkualitas untuk diri sendiri dan anak-anak
-Menjalankan ibadah & beramal sholeh (umroh,ibadah haji,dll)
-Kesehatan sekeluarga dan orang yang Anda cintai
-Beli rumah yang bagus untuk keluarga Anda
-Beli kendaraan pribadi keluarga Anda
-Bahkan untuk internet sehingga bisa buka dan membaca blogspot saya, dengan uang
-Bahkan segala tagihan rumah, listrik, air, sampah, keamanan, dll juga perlu uang.



Contoh di bidang kesehatan:
Di manapun di muka bumi ini, setiap orang pasti menginginkan sehat, baik jasmani maupun rohaninya. Ada yang berkata ke penulis, semua penyakit ada obatnya itu benar. Salah satu hadist Nabi yang mengatakan bahwa “Likuli da'in dawaun” atau tidak ada penyakit yang tidak ada obatnya.
Memang yang menyembuhkan penyakit adalah Allah S.W.T akan tetapi berobat (apakah ke dokter, rumah sakit, pengobatan terapi, pengobatan alternatif dan-lain-lain) merupakan ikhtiar dan obat / herbal / terapi merupakan media kita untuk mendapatkan kesembuhan dan yang menentukan kita sembuh itu adalah Allah SWT. Karena kita tidak boleh berpasrah saja dengan kondisi sakit yang kita derita.


PENULIS KUTIP DARI :
Jacob Needleman di: http://www.thewicaksonos.info/uang-dan-makna-hidup.html#.T02U-HmBWSo

Jacob Needleman, seorang ahli filosofi menulis bahwa jika kita mengerti peran uang yang sebenarnya dalam hidup kita, maka kita tidak akan berfikir untuk menghabiskan atau menabungnya saja. Uang menggerakkan pengaruh emosional yang mendalam terhadap siapa diri kita sebenarnya dan uang juga mempengaruhi kita dalam mengatakan apa yang tidak kita miliki. Ketidak inginan kita untuk memahami efek uang secara emosional dan spiritual berlandaskan atas kenapa kita harus memberikan harga terhadap segala barang dan bagaimana kita bisa mengetahui nilai dari barang yang tidak berharga. Uang mempunyai pengaruh yang penting dalam segala aspek di dalam mengejar hidup yang idealistik. Tetapi sejalan dengan itu, uang merupakan akar dari frustasi yang kita alami setiap hari.
Uang bukan sumber kebahagiaan ataupun penderitaan. Pernyataan ini jelas, dan sebagian besar orang sudah mengalaminya sendiri. Needleman menyebut bahwa kebahagiaan dan kekhawatiran adalah berasal dari (dalam) diri kita sendiri.
Jika kita bisa bahagia manakala tidak memiliki uang maka kita akan bahagia juga saat memilikinya. Sebaliknya, jika kita merasa khawatir ketika tak memiliki uang maka kitapun tetap akan khawatir meski memiliki uang.

Menurut penulis: Lebih tepatnya semakin banyak uang, insya Allah semakin baik hidupnya. Semakin kecil uang yang dimiliki tentu, yang justru semakin membuat frustasi. Karena ada ayat Al Qur’an: ”Kefakiran (kemiskinan) akan membawa kepada kekafiran.” Sedangkan menurut penulis ada pendapat yang mengatakan bahwa uang yang juga dapat menjerumuskan dirinya kepada kesombongan dan lain-lain, hal ini ini hanyalah masalah keimanan dan kurangnya bersyukur diri pribadi saja, sehingga memikirkan uang saja maka akan lupa dengan keluarga, ini hanya masalah keimanan pribadi yang perlu diperbaiki. Tapi berpikirlah dari pribadi kita dengan sisi positif: Yaitu sebaiknya bila keimanan baik, maka harusnya setiap pribadi kita, justru semakin kuat keinginan termotivasi untuk mencari uang barulah uang akan banyak datang untuk Anda, sehingga Anda dapat beramal sedeqah materi lebih banyak, seperti lbnu Umar menasehati, “Bekerjalah untuk duniamu seperti engkau hidup selamanya, dan beramal dan beribadahlah seperti engkau akan mati esok pagi.”

C. APA MOTIVASI ANDA DALAM DALAM BEKERJA ???
Penulis saat ini sedang dalam masa perjuangan hidup sebagai karyawan kantor dan juga ikut di sebuah MLM yang bergerak dalam bidang herbal kesehatan di Jakarta. Hari minggu 26 Februari 2012 lalu mengikuti pertemuan yang cukup bagus yang diikuti sekitar 600an peserta.

Di tengah-tengah acara ini ditanya oleh salah satu dari 6 orang motivator:
Apakah motivasi Anda bergabung di bisnis ini karena ikut-ikutan ?
Apakah motivasi Anda bergabung di bisnis ini karena terpaksa ?
Apakah motivasi Anda bergabung di bisnis ini karena produknya ?
Ataukah motivasi Anda bergabung karena mencari JODOH di bisnis ini ?

Di setiap pertanyaan, cukup banyak yang mengacungkan tangan. Tapi begitu sampai ke pertanyaan siapa yang ikut termotivasi bergabung karena ingin dapat “jodoh”, ditanya selanjutnya oleh pemotivator:
“Jadi bagi yang karena jodoh, maka andaikan Anda tidak mendapatkan Jodoh Anda dalam bisnis ini apakah Anda akan berhenti dari bisnis ini ???
Serempak dijawab: “Tidaaaaaak” (sambil terdengar beberapa peserta tertawa).
Ditanya kembali : “Jika Anda tidak mendapat jodoh Apakah Anda akan menyerah?
Serempak dijawab: “Tidaaaaaak”.
Jika motivasi Anda karena ingin mendapat jodoh, maka jika Anda tidak mendapat jodoh atau lainnya maka pasti Anda akan kecewa, hanya kekesalan yang didapat, ubahlah motivasi Anda. Fokus dan kerja keras, sukseskan downline Anda, maka Anda akan sukses di bisnis ini !

Tapi kemudian pemotivator melanjutkan: “Ubahlah motivasi Anda jika Anda ingin sukses, yaitu menjadi karena UANG. Bukankah Anda ikut bisnis ini termotivasi karena uang ?”
Semua peserta serempak mengacungkan tangan.

Ditanya lagi oleh pemotivator:
“Apakah ada di antara Anda, yang mau menjalankan bisnis ini bila tidak ada UANGnya?”
Serempak dijawab: “TIDAAAAAKK.“

Pemotivator:
“Jadi semua karena memang ada uangnya kan ?"
"Untuk apa ikut MLM atau kerja kalau tidak ada uangnya. Ya kan ???!”
Dijawab serempak oleh seluruh peserta dengan " YAaaaaaa".

Jadi memang produk kita di bisnis MLM ini adalah produk herbal kesehatan jadi untuk kesehatan, diharapkan keluarga kita sehat, membantu kesehatan orang-orang di sekitar Anda, maka akan terjadi order besar, perkuat jaringan Anda, order semakin besar. Semakin banyak Anda membuat sukses downline Anda, Andapun sukses, dan ini menjadi ladang amal untuk Anda, karena Anda juga membuat downline Anda kaya, sehingga dengan sendirinya perjuangan Anda yang tulus, Anda akan mendapat banyak waktu untuk keluarga Anda, dengan semangat pantang menyerah maka kesemuanya itu yang nantinya akan membuat uang akan mengalir dalam kehidupan Anda.

GO FREEDOM !!!

 





Renungan dari penulis:
Sahabatku, Hidup adalah Pilihan dan Hidup ini adalah perjuangan.
Memilih berjuang  untuk mengendalikan diri menuju sukses itu yang terbaik.
Banyak ujian yang akan kita hadapi untuk meraih cita-cita kita bahagia dunia dan akhirat. Syetan (akan memepngaruhi untuk Anda menjadi bersifat malas) dan hawa nafsu terus mencoba untuk memalingkan kita dari jalan yang benar.
 

Oleh karena itu diperlukan keteguhan dan keistiqomahan dalam menghadapi ujian tersebut. Diperlukan konsistensi yang sungguh-sungguh, saat kita berusaha untuk meningkatkan potensi kita. Saat kita berusaha untuk menghasilkan karya-karya besar kita yang bermanfaat untuk manusia dan diri kita. Kita bisa saja diserang oleh perasaan malas, lemah semangat dan keinginan untuk berada pada zona nyaman. Maka diperlukan perjuangan untuk mengatasinya. 

Kita harus kuat dan tangguh dan sungguh-sungguh berusaha. Jangan biarkan diri kita terjerat dalam lingkaran perbuatan yang sia-sia, ataupun termotivasi dengan hal yang tidak perlu. Jadikan hidup dan hari anda sebagai maha karya. Lakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup Anda. Hidup ini hanya sekali, maka hiduplah yang berarti.

Ketika kita mencari mutiara kehidupan yang akan membahagiakan dan mensukseskan kita, maka mutiara itu sesungguhnya ada di dasar hati kita. Ketika kita mencari intan permata, maka intan permata itu ada dalam pikiran kita. Ketika kita mencari emas maka emas itu ada dalam jiwa kita. Ketika kita mencari bahagia dan ketenangan maka ketenangan itu ada dalam sujud, dzikir dan tunduk kita kepada Allah.

Perbuatan salah, sia-sia dan dosa hanya akan menggelisahkan hati dan jiwa kita. Menghilangkan akal sehat kita Mematikan nurani kita. Maka jangan biarkan hatimu berada dalam kelalaian & kehampaan. Isilah jiwa Anda dengan kebaikan. Galilah potensi diri Anda untuk menghasilkan karya nyata yang berguna bagi diri sendiri, keluarga tercinta dan orang lain sekitar Anda.

Jangan sia-siakan potensi dahsyat, seperti kepekaan rasa, kepekaan hati nurani yang telah diberikan Tuhan Allah SWT kepada Anda. Latihlah potensi itu, asahlah potensi itu, bangunlah potensi itu dengan bertindak dan bekerja, serta tidak lupa berdo’a dan selalu ingat Allah, maka dirimu akan bangun dari kelalaian dan kealfaan, kesenangan sesaat, menuju kebahagiaan abadi dalam karya nyata, prestasi, ibadah dan amal kebaikan yang berguna dunia dan akhirat.

Berjuanglah dengan sungguh-sungguh menaklukan diri dan hawa nafsumu. Taklukan ego dan emosimu yang buruk. Taklukan kemalasan, kelalaian, dan kealfaan. Isilah kegiatan dan waktumu yang sangat berharga itu dengan aktivitas yang bermanfaat. Maka hari dan hidupmu akan cerah dan bermakna. Jangan biarkan hari dan hatimu kosong dari ilmu, iman dan amal nyata. Karena jika begitu syetan dan pengikutnya akan mudah masuk menggerogoti hatimu, imanmu dan ilmumu, sehingga kau akan kehilangan jati diri dan potensimu yang sebenarnya.

Maka berbuatlah hari ini. Saat ini juga. Bekerjalah, berkaryalah. Berjuanglah untuk meraih kesuksesan di DUNIA (yaitu uang untuk memenuhi kehidupan yang Anda butuhkan) dan cari dan gunakan uang (agar bisa beramal sholeh yang berkualitas, umroh, haji dan niatkan kesemuanya untuk mengharap RIDHO ALLAH SWT) sehingga kehidupan AKHIRAT juga Anda dapatkan. 

Temukan jalanmu yang sebenarnya. Panggilan hati dan nuranimu. Jadilah pribadi yang rendah hati, teachable (mau menerima pengajaran / mau diajari). Bekerjalah dengan sepenuh hati dan gunakan potensimu. Layanilah orang lain. Dan bertekadlah untuk melakukan yang terbaik, belajar yang terbaik dan memberikan yang terbaik bagi diri, keluarga, organisasi, agama, bangsa dan Negara. Insya Allah hidupmu akan bermakna dengan perjuangan.


Teachable = Capable of being taught; apt to learn; also; willing to receive instruction
                     Mampu diajarkan; cenderung untuk belajar; juga berarti; mau menerima pengajaran.

Semoga tulisan di atas bermanfaat. 

Salam,
Drs. R. Kurniawan Prihatmono
081386837511