Sabtu, 05 Desember 2015

Bayi Terlahir DS: Semula Orang Tua Syok & Menangis Lalu Ikhtiar Latihan Fisikdan Treatment Usap & Urut Metode kami Akhirnya Bahagia



Orang tua manapun pasti bahagia di kala hari yang membahagiakan itu datang yaitu kelahiran bayi mungil buah hatinya yang telah dikandungnya sekian bulan akhirnya telah lahir tanpa cacat dengan fisik luar perangkat anggota tubuh yang komplit. Dan mulailah di beberapa hari kemudian mulai tampak keganjilan seperti suara tangis tidak (belum) ada atau tangisan seperti tercekat-cekat, lalu juga tampak ciri-ciri lain yang makin jelas seperti kantung mata yang tebal, batang hidung antar mata yang pesek, mata yang sipit, leher yang pendek, leher belakang yang tebal atau lemah organ lainnya.

Lalu begitu sang ibu mendapat kabar bahwa bayinya dinyatakan mengarah Down Syndrome (DS) padahal sang ibu baru berusia 25 tahun sampai dengan 28 tahun dan baru saja beberapa tahun menikah dan anak pertama pula. Berbagai ungkapan perasaan para ibu-ibu muda ini saat menelfon (setelah ber-sms sebelumnya) dengan penulis, seperti:

Dan berbagai ungkapan pertanyaan lainnya.

Dan tak jarang di tiap bulan ibu-ibu yang menghubungi penulis (menelfon) menceritakan kondisi bayinya sambil menangis panjang selama komunikasi, dan tak jarang mereka masih berada di rumah sakit (nifas) karena bayinya masih dalam perawatan inkubator karena terlahir kuning (bilirubin), bahkan ada pula yang perlengketan pada usus sehingga asupan harus melalui selang sonde (dan lain-lain), penulispun ikut merasa kesedihan yang dirasakan beliau.



SEPANJANG TAHUN 2015
Cukup banyak yang bayi terlahir DS (down syndrome) sejak akhir 2014 hingga di sepanjang tahun 2015 ini, terlebih bagi mereka para istri yang merupakan pasangan suami istri baru menikah sekitar 1 tahun, lalu baru saja melahirkan anak pertama mereka yang kemudian ternyata diberitahukan oleh pihak medis bahwa bayi yang dilahirkannya (beberapa hari) kemudian dinyatakan suspect DS.

Memang wajar bagi ibu bayi ini akan syok, sedih, bahkan ada yang menangis berkepanjangan, bahkan sampai tidak bisa bekerja beberapa hari hingga sang suami akhirnya menemukan blogspot penulis, lalu akhirnya bicara dengan penulis.

Penulis berusaha menjelaskan dengan sabar dan sejelas-jelasnya bahwa bayi terlahir DS butuh kesabaran yang lebih dan extra telaten dalam memperbaiki dan melatih tumbuh kembang fisiknya. Dan penulis jelaskan seperti apa yang dibutuhkan untuk awal-awal kehidupannya.
Lalu setelah saya mendengar semua curahan mereka, satu  per satu penulis jelaskan untuk awal-awal kehidupan bayi yang mesti ibu lakukan :

1.  Ibu, bagaimanapun kondisi bayi yang ibu terima selalulah kita harus syukuri dan ikhlas, pasti ada hikmah dibalik ini yang kita mungkin belum tahu, Allah tidak akan memberi ujian di luar kemampuan hamba-Nya. Semoga ibu  menjadi orang yang (super) sabar, (super) baik dan kasih sayang yang tinggi kepada bayi ini. Ibupun harus tabah menerima dan jangan sedih berkepanjangan agar ASI (Air Susu Ibu) tidak kering (berhenti) atau  ASI yang ke luar akan berkurang / tidak cukup, karena bayi ini sangat membutuhkan ASI yang lebih dikarenakan kelainannya, efeknya imun (antibody)-nya rendah. ASI sangatlah dibutuhkan bayi ibu agar imunnya meningkat optimal.

2. Silakan ibu/Bapak baca artikel yang ada di blogspot penulis banyak sekali kisah nyata bayi-bayi DS yang telah kami terapi dan sudah baik kondisinya, bisa jalan dan wajahnyapun berubah jauh dari sebutan kembar 1000 down syndrome. Janganlah ibu bersedih jika ada tulisan  yang telah memvonis bahwa bayi DS tidak bisa ini-tidak bisa itu, karena kelainan bayi DS setiap bayi sangat berbeda, jadi antara bayi DS yang satu dengan bayi DS yang lain sangat “unik”, jadi ciri-ciri dan lemahnya pada tubuhnya akan berbeda-beda yang tentunya akan ada penanganan fisioterapi pada masing-masing fisik organ tubuhnya tentulah akan berbeda-beda pula. Dan insya Allah semua itu bisa kita mohonkan kepada Allah perbaikannya agar maksimal diperbaiki. *)

3. Bayi DS banyak sekali mengalami kejadian jantung bocor (walau tidak semua bayi DS), tapi melakukan tes echo jantung (echocardiography) pada bayi ibu sekalian adalah pilihan yang sangat baik, karena jantung adalah organ vital utama tubuh, yang akan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh dan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh akan semakin meningkat dengan usia dan gerakan yang semakin banyak. Jadi tentunya kita harus mengetahui apakah ada kebocoran jantung atau tidak (seperti pada: ASD, VSD, CAVSD atau PDA). Tidak semua jantung bocor bercirikan lebam-lebam biru pada tubuhnya, bisa saja tidak ada lebam biru tapi bayi DS mengalami jantung bocor. Jadi bila sampai tidak diketahui kondisi jantungnya pada 4 bulan di awal kehidupannya bisa berakibat fatal. Jadi bila diketahui jantung bocor ataupun tidaknya, maka nanti akan ada pola berbeda pada tahapan terapinya.
Dan setelah 3 poin ini, baru kita terapi dan perbaiki kelainan DS-nya pada sebagian besar organ-organ fisiknya.


Paling tidak 3 hal ini harus dipahami dan dilakukan akan kehadiran bayi ini di awal-awal kehidupannya (tes tyroidpun) boleh saja dilakukan.

KUNJUNGAN PRESENTASI, HASIL FISIOTERAPI DAN BUKTI BERTEMAN
Dan seterusnya satu persatu dan tahap demi tahap penulis jelaskan. Alhamdulillah pada akhirnya sang ibu mulai paham dan lega bahwa semua vonis apapun yang belum tentu terjadi (vonis tersebut), semoga tidak menjadi penghalang pikiran (semoga tidak menjadi penghalang do'a) bahwa Allah maha Kuasa dan tidak ada yang mustahil bagi Allah untuk perbaikan maksimal bayi ibu/bapak sekalian.

Alhamdulillah setelah penulis mengunjungi keluarga-keluarga ini melakukan presentasi dan melihat kondisi buah hatinya. Tak jarang ibu-ibu ini terharu dengan perbaikan kondisi bayi-bayi yang telah sangat bagus dan penulis jelaskan bahwa dengan ketelatenan ibu sekalian dan kita terapi luar dan dalam, insya Allah wajah juga bisa berubah baik dan akan jauh dari ciri wajah DS-nya, semua atas seizin Allah dan ridho-Nya. Insya Allah ada jalan-Nya dan semoga yang terapi dengan kami insya Allah akan mengalami juga.

Penulis juga jelaskan berbagai foto di tiap bulannya bayi setelah tahapan terapi di banyak kasus, bahkan video-video yang bayinya telah bisa jalan dan bahkan kami berikan ibu untuk berteman (sharing) dengan para orang tua yang telah baik anaknya dan Alhamdulillah banyak orang tua yang bersedia setelah penulis mintakan izinnya agar ibu dapat BUKTI kam.

Akhirnya proses berlangsung selama sekian bulan dengan mengikuti berbagai tahapan dan kefokusan yang selalu bertahap dan berkesinambungan melihat segala perkembangan yang terjadi, mulailah segenap ibu dan bapak bayi ini mulai terlihat senang terlihat dari wajah mereka dari minggu ke minggu dan dari bulan ke bulan bahwa akhirnya bayi-bayi mereka tidak tertinggal bahkan menyamai kemampuan bayi normal.

PRASANGKA BAIK / POSITIF SELALU KEPADA ALLAH SWT
Dan penulis jelaskan memang ada hal-hal yang akan mempengaruhi hasil terbaik dan semua tak lepas dari usaha kualitas dzikir yang baik oleh ibu dan suami dan ikhtiar yang rajin sehingga Allah mengabulkan do’a (segala sesuatu sesuai dengan niat) Ibu sekalian. Dan banyak-banyaklah bersyukur kepada Allah SWT, di sini membuktikan yang semula (mungkin) Ibu dan Bapak sekalian selalu berpikir bahwa kelainan juga harus dengan alat medis saja (ini kembali kepada kasus apa yang sedang akan diperbaiki, contoh jantung bocor yang bocor sedang dan besar haruslah diambil tindakan segera). Lalu kasus atresia ani (tidak ada lubang anus), maka tentulah haruslah dioperasi pembuatan jalur. Memang dalam perbaikan kelainan pada bayi Down Syndrome harus gabungan medis dan  terapi dengan perbaikan bertahap untuk seluruh organ tubuh yang kelainan termasuk wajah, agar si bayi di usia sekolah (misalkan di usia 5, 6, 7 tahun) nanti tidak merasa minder atau malu terutama di usia-usia  sekolah dasar di mana usia ini anak-lain (temannya) tentu sulit diberikan penjelasan.

Dan ternyata kemukjizatan karunia perbaikan yang di dalam organ tubuh yang selama ini tidak terpikirkan oleh logika kita, ternyata terjadi pada buah hati ibu dan bapak sekalian. Hal ini dapat terjadi sesuai dengan prasangka kita terhadap Allah SWT, seperti dalam hadits Qudsi: "Aku (Allah) tergantung dengan persangkaan hamba-Ku pada-Ku."

Jadi jika Ibu dan bapak berprasangka bahwa bayi ini tidak akan berkembang maksimal hanya berkemajuan sedikit atau mendekati bayi normal, maka itulah yang ibu dan bapak akan dapatkan, haruslah kita tidak berprasangka seperti ini, karena hal ini kita telah membatasi ke Maha Kuasa-nya Allah SWT. Sedangkan jika kita percaya bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik dan maksimal, insya Allah tidak ada yang tidak mungkin bagi bayi yang kelainan ini. Dan dengan tahap demi tahap, alhamdulillah kami telah membuktikannya terhadap banyak bayi pasien kami. Sedini mungkin saat masih usia 0 tahun (makin di bawah 5 bulan kami terapi semakin cepat penerimaan kemajuan perkembangan, semakin tua usia bayi, semakin agak melambat kemajuan perbaikannya), jadi janganlah ditunda-tunda terapinya dan JANGAN bersikap Wait and See (Tunggu dan Lihat) :
http://kprihatmono.blogspot.co.id/2015/02/jangan-wait-and-see-bila-bayi-anda-yang.html

Akhir Bahagia Pada Keluarga Ini Merupakan Kebahagiaan Kami Pula di 2015
Lagi di sepanjang tahun 2015 ini hingga akhir Desember ini cukup banyak sudah yang membaik yang mengikuti saran-saran kami sejak usia 1 bulan, harus bagaimana, lalu bulan ke 2 harus periksa echo jantung. Lalu bulan ke 3 usia bayi dan seterusnya hingga wajah berubah, kantung mata tebal yang menjadi rata, tebal di leher belakang yang menjadi rata, bahkan akhirnya sudah bisa berdiri dan bisa titah-titah bahkan sudah bisa jalan. Selain segenap ibu dan bapaknya berbahagia akan bayinya yang berwajah membaik (perbaikan wajah sebaiknya mulai menterapi tidak lebih dari usia 8 bulan) dan bisa berdiri dilepas dan bisa jalan.

Berbagai ungkapan penulis terima melalui bbm dan ada WA (whatsapp) dari :

1. Seorang ibu yang bayinya telah bisa berdiri (yang semula sekitar 4 bulan lalu baru menemukan Blogspot penulis dan anaknya yang sudah 1 tahun, tapi kondisinya duduk saja masih sangat lemah dan memegang bendapun langsung dijatuhkan (dilepas) dan kini (setelah 4 bulanan ditreatment) sudah sangat baik perkembangannya, sudah bisa berdiri, memegang benda dan botol dot sendiri dan memegang buku sudah kuat menulis ke kami:

“Terima kasih Bu, saya sudah bangga hingga anak saya bisa mencapai seperti ini.”

2. Ada yang juga mengalami berbagai macam kelainan pada tubuh bayinya hingga atresia ani, ada juga alergi susu sapi, ada juga yang mengalami kelainan tyroid yang biasanya kelainan tyroid harusnya minum obat untuk menormalkan hormon tyroidnya, lalu setelah minum obat sekian bulan sesuai anjuran dokter dan ikut terapi kami, ternyata suatu hari si ibu menelfon bahwa kadar tyroid menjadi normal. Alhamdulillah sangat bersyukur orang tua ini kepada Allah berkata (kepada kami) bahwa telah ikut terapi dengan kami dan juga banyak lemahnya kondisi tubuh akibat trisomi 21 membaik kondisinya dan banyak sekali kemajuan bahkan deangan wajah yang sudah jauh dari sebutan kembar 1000. Padahal banyak bacaan di internet bahwa kelainan tyroid harus minum obat selamanya. Menurut kami janganlah pikiran ini menjadi memblok (membatasi) terhadap  Allah yang Maha Kuasa terhadap segala sesuatu; atresia aninya sudah selesai dioperasi, lemahnya semua DS-nya sudah membaik, mata sudah belok (baca dengan e-pepet) yang semula sipit dan ujung runcing dan tyroidnya sudah normal. 

3. Kisah anak Bapak S yang di lebaran Juli 2015 lalu anaknya sudah bisa jalan, tapi tetap melakukan terapi untuk peningkatan syaraf motorik halus (untuk kecerdasan dan gerakan jari-jemari). Dan beliau mengucapkan terima kasih kepada kami bahwa kini mereka bahagia di Desember 2015 ini.

Kisah Nyata di Juli 2015 telah penulis tuangkan dalam Blogspot ini, bahwa akhirnya anak Bapak S telah bisa berjalan dan di bawah ini ungkapan beliau kepada penulis yang telah bahagia dengan kemampuan anaknya:
http://kprihatmono.blogspot.co.id/2015/07/melalui-terapi-dzikir-dan-doa-akhirnya.html 

Bapak S: “Terima kasih sudah membuat keluarga kecil kami senang atas perkembangan …..” (maaf) nama anak beliau penulis tutup karena kerahasiaan nama pasien bayi.

Penulis: “Semua ini tidak lepas dari kesabaran dan ketelatenan istri bapak juga yang telah rajin melakukan yang kami arahkan. Semoga semakin bagus kemajuannya ya Pak ke depannya dan bisa berguna untuk kehidupan kemandiriannya kelak. Jika kita mau berdo’a dan berikhtiar yang tepat atas seizin Allah, Allah SWT meridhoi usaha (terapi) ini mendapatkan hasil baik yang maksimal seperti  yang anak bapak alami. Sekali lagi selamat anak Bapak sudah kuat, wajahnya juga sudah beraura bagus, antibodinya juga baik, sudah bisa jalan dan lain-lainnya.”







WAJAH KONDISI LEBIH BAIK SEPERTI BAYI TERLAHIR KEMBALI
Kami sangat bersyukur dan bangga akan kemajuan perkembangan dan perbaikan yang terjadi padamu nak. Jadilah anak yang dapat membanggakan sesuai dengan harapan orang tuamu, seperti kau telah "dilahirkan kembali" dengan wajah dan segala kemampuan fisik layaknya bayi normal lain. http://kprihatmono.blogspot.co.id/2015/06/lanjutan-jangan-wait-and-see-bila-bayi.html

Selalu berpikiran positif dan jangan diterima perkataan siapapun, bahkan tulisan di internet walaupun ribuan tulisan jumlahnya bahwa bayi ini (bahkan mungkin bayi ibu divonis) bayi ibu dikatakan dengan istilah gagal tumbuh, ataupun tidak bisa ini tidak bisa itu bahkan dikatakan akondroplasia (kaki pendek), maka hal ini belum terbukti, banyak pasien bayi kami yang telah divonis ini itu, nyatanya setelah terapi sekian bulan, akhirnya semua vonis tersebut tidak benar dan tidak terbukti pada akhirnya.  Masih ada Kuasa Allah terhadap segala perbaikan kelainan lemahnya organ-organ ini yang tidak bisa terukur oleh logika otak manusia.

Perkataan orang-orang seperti ini karena mereka belum melihat dan membuktikan terapi kami dengan dzikir dan cloning melalui sentuhan kasih sayang. Jadi janganlah menjadikan hal ini memblok (hijab/batas) pikiran kita akan ke Maha Kuasa Allah yang dapat dan bisa memperbaiki kelainan sekalipun. Percayalah bahwa Allah Maha Berkehendak dan Maha Kuasa dan Tidak ada Yang Mustahil bagi-Nya, Kun Fayakun. Ribuan sel, jutaan sel  bahkan miliaran sel tubuh untuk memperbaiki segala yang lemah pada tubuh bayi DS ini yang dapat kita mohonkan perbaikannya kepada Allah SWT sebagai pencipta dan perancang tubuh kita. Walau secara kromosom tetap 3 di kromosom ke 21, namun anak-anak di luaran semoga sudah tidak "ngeh" lagi dikarenakan wajah sudah bukan wajah kembar 1000 DS, sehingga terminimalisir digoda temannya di lingkungannya nanti.

KEBAHAGIAAN BAPAK & IBU SEKALIAN MERUPAKAN KEBAHAGIAAN BAGI KAMI.

Alhamdulillah penulis ucapkan dan selamat kepada Bapak S dan istrinya, semoga hasil terapi ini bermanfaat untuk buah hati Bapak / Ibu sekalian. Dan terima kasih kepada Bapak S yang telah bersedia bila ada ibu-ibu lain yang baru saja melahirkan bayi terahir DS untuk dikuatkan agar bahagia pula seperti Bapak.  Dan  juga selamat kepada segenap orang tua yang sepanjang tahun 2015 ini sudah banyak bayinya yang akhirnya selesai terapinya dengan kondisi yang baik.

Bagi para orang tua yang memiliki bayi down syndrome usia 0 tahun atau 1 tahunan, jangan ragu untuk menghubungi kami, semakin dini semakin baik dan semakin lebih bagus /  baik perkembangan kemajuan organ yang lemah hingga wajahnya. Semoga bermanfaat untuk Bapak dan Ibu khususnya bagi mereka yang baru memiliki bayi terlahir down syndrome.

*) Bersambung pada tulisan artikel selanjutnya.

Penulis,
Drs. R.  Kurniawan Prihatmono
HP : 081386837511
Harap SMS Lebih Dahulu
Hanya bagi yang serius memiliki bayi Down Syndrome


Tidak ada komentar:

Posting Komentar